Vagina Kering Penyebab Seks Terasa Menyakitkan

Seks terkadang terasa menyakitkan bagi beberapa perempuan. Hal ini antara lain terjadi karena kurangnya lubrikasi di vagina alias vagina kering pada saat terjadi penetrasi. Vagina kering ini membuat penetrasi terasa perih sehingga istri kerap meminta suami menghentikan aktivitas seks sebelum klimaks.
vagina kering
Banyak faktor yang mempengaruhi basah atau keringnya vagina, bahkan cepat atau lambat basahnya vagina seorang wanita. Misalnya bentuk dan ukuran vagina. Demikian disampaikan psikolog sosial dan penelitis seks, Petra Boynton, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (27/9/2013).
Selain itu faktor mental pun bisa berpengaruh. Masalah kesehatan mental, kelelahan, dan stres dapat membuat vagina kering. Masalah lainnya adalah trauma pasca melahirkan,masa-masa menopause, bahkan trauma dari hubungan seks sebelumnya. Vagina kering ini juga dialami oleh beberapa wanita yang mempunyai spinal cord injury (SCI) atau gangguan tulang belakang.
“Vagina juga bisa menjadi kering saat atau sesaat sebelum berhubungan. Penyebabnya bisa jadi Anda merasa takut, tidak percaya diri, membenci bentuk tubuh Anda, dan lainnya. Semakin parah lagi bila Anda tidak membicarakannya dengan pasangan, kemudian melakukan seks dengan kondom,” tutur Petra.
Sementara itu, faktor eksternal yang menyebabkan vagina kering adalah penggunaan pembersih vagina, sabun berparfum, dan obat kesehatan vagina yang tidak sesuai kebutuhan. Mengenakan celana yang terlalu ketat ternyata juga turut berkontribusi. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menimbulkan efek samping vagina kering.
Bagi Anda yang mengalami hal ini, carilah teman atau keluarga untuk berbincang. Meski tidak banyak membantu, setidaknya akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Perlu diketahui Anda bukan satu-satunya orang yang mengalaminya.
Anda juga bisa melakukan konseling ke organisasi yang fokus pada kesehatan seks atau organ intim wanita. Proses konseling ini bisa Anda lakukan sendiri atau bersama dengan pasangan.
Lalu bagaimana cara membuat vagina basah? Beberapa langkah ini mungkin bisa dicoba yakni dengan masturbasi bersama pasangan, mengeksplorasi fantasi seksual, atau minta suami untuk menyentuh bagian-bagian tubuh Anda yang sensitif. Pada saat akan bercinta, mintalah suami untuk melakukan forplay lebih lama dan perlahan. Mungkin cara ini bisa membantu mengurangi kekeringan vagina.
Menurut Petra, beberapa pasangan memilih menggunakan cairan lubrikan. Ada pula yang lebih suka menggunakan air ludah sebagai ‘pelumas’. Bah, bila Anda memilih cairan lubrikan, pastikan memilih yang sesuai dengan kebutuhan.
“Yang perlu Anda ingat adalah jangan membeli yang mengandung parfum, rasa, serta yang dapat mendinginkan atau menghangatkan. Beberapa produk cairan lubrikan bahkan dapat merusak kondom,” kata Petra.
Karena itu bagi Anda yang akan mengandalkan cairan lubrikan, pastikan memilih bahan yang aman.

Posted on April 11, 2014, in Artikel Seks, Kesehatan and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Manteb bro artikelnya. Jadi tau aku kalo Vagina Kering Penyebab Seks Terasa Menyakitkan. Maklum belum pernah ngerasain ML sihh. hehehehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: